Header Ads

Bagaimanakah Tanda Dan Gejala Kanker Payudara?



Gejala yang paling umum dari kanker payudara adalah munculnya benjolan atau massa yang lembut dan berbentuk bulat.

Kanker payudara sudah bukan menjadi gangguan kesehatan yang langka. Tingkat keberhasilan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi pengidap kanker semakin meningkat dengan adanya kesadaran yang lebih tinggi, deteksi yang lebih dini, dan kemajuan dalam penanganan kanker payudara.

Kanker payudara umumnya tidak memiliki gejala, namun ada beberapa tanda yang perlu dicurigai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Gejala yang paling umum dari kanker payudara adalah terdapat benjolan atau massa. Benjolan tanpa rasa sakit dan keras yang memiliki tepi tidak teratur lebih cenderung merupakan gejala kanker, namun kanker payudara umumnya lembut atau membulat. Benjolan kanker juga dapat menimbulkan nyeri. Berhati-hatilah dengan beberapa tanda seperti:

    Terdapat benjolan tanpa rasa sakit di payudara
    Perubahan ukuran dan bentuk payudara
    Mengalami pembengkakan pada ketiak
    Mengalami perubahan pada puting
    Kulit disekitar payudara berubah menjadi seperti kulit jeruk
    Mengalami nyeri pada payudara dan puting
    Terjadi kemerahan atau penebalan pada puting atau kulit payudara

Apa yang perlu dilakukan jika menemukan benjolan pada payudara?
Ketika menemukan benjolan pada payudara sebaiknya mencoba untuk tidak panik. Benjolan pada payudara 80% tidak bersifat kanker. umumnya hanya merupakan kista yang tidak berbahaya atau perubahan jaringan yang disebabkan oleh siklus menstruasi. Lakukan pemeriksaan untuk memastikan sifat benjolan pada payudara. Jika kanker maka pendeteksian lebih dini dapat membantu penanganan lebih cepat dan jika memang bukan kanker maka dapat memberi ketenangan.

Apakah pemeriksaan yang perlu untuk dilakukan?

    Mammograms
    Mammogram dapat menunjukkan tumor sebelum menjadi besar. Menurut The American Cancer Society mengatakan bahwa wanita yang memiliki faktor resiko sebaiknya melakukan mammogram setiap tahun yang dimulai pada usia 45 tahun.
    
    Ultrasound dan MRI
    USG payudara dapat membantu menemukan kista (kantung berisi cairan yang bukan kanker). Pemeriksaan MRI dapat dilakukan dengan mammogram sebagai bagian dari pemeriksaan jika memiliki resiko kanker payudara lebih tinggi.
    
    Biopsi payudara
    Biopsi merupakan satu-satunya cara pasti untuk memastikan benjolan adalah kanker. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengeluarkan benjolan sehingga dapat diperiksa dilaboratorium.

Terkadang kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di bawah lengan atau disekitar leher dan menyebabkan benjolan atau pembengkakan di sana. Kelenjar getah bening yang bengkak juga perlu dilakukan pemeriksaan.

Melakukan pemeriksaan perlu dilakukan agar dapat dilakukan penanganan sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.